Menyetel Kekencangan Rantai Yamaha Vixion

Halo teman-teman semua..

Ada yang menggunakan sepeda motor Yamaha V-Ixion? Kalau iya, apa pernah mengalami rantai penggeraknya membentur swing arm sehingga menimbulkan bunyi yang tidak biasa atau mengagetkan? Kalau iya berarti sama seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu. Persisnya saat saya sedang melalukan akselerasi, tiba-tiba ada bunyi benturan di bagian bawah motor. Setelah saya selidiki ternyata rantai motor V-Ixion saya kendor.. -_-

Nah, kali ini saya akan menunjukkan cara untuk menyetel kekencangan rantai V-Ixion. Pertama-tama mari kita cek kekencangan rantai motor V-Ixion kita. Posisikan motor dalam keadaan standart tengah. Lalu cek kekencangan rantai dengan mendorong ke atas dan ke bawah. Ukur jarak posisi teratas dan terbawah. Jarak yang dianjurkan oleh pabrikan Yamaha adalah pada kisaran 25-35 mm. Jika nilai yang terukur tidak masuk dalam range yang dianjurkan, rantai sebaiknya diatur kekencangannya.

Sebelum melakukan penyetelan, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa tools yang akan digunakan, seperti:

  1. kunci ring 17
  2. kunci pas 12
  3. kunci pas 19

Langkah-langkah penyetelan adalah sebagai berikut:

  1. Kendorkan mur penyetel gerak bebas pedal rem (5) dengan menggunakan jari dan mur batang torsi (4) dengan menggunakan kunci pas 12.
  2. Kendurkan baut as roda (1) dengan menggunakan kunci ring 17.
  3. Untuk mengencangkan rantai, putar plat penyetel (2) ke arah angka yang lebih besar, tepatkan alur plat penyetel pada ‘nok’ pengatur posisi yang terdapat pada lengan ayun dan untuk mengendorkan rantai, putar plat penyetel ke arah yang lebih kecil. Pastikan penyetelan nomor pada plat penyetel rantai di kiri dan kanan berada pada angka yang sama untuk menjamin kelurusan roda.
  4. Kencangkan baut as roda (1) dengan menggunakan kunci ring 17 dan tahan mur as roda (3) dengan kunci pas 19 agar saat pengencangan mur as roda (3) tidak ikut berputar.
  5. Kencangkan baut pengikat batang torsi (4) dan atur mur penyetel gerak bebas pedal (5)

Sebaiknya kekencangan rantai tidak terlalu kencang karena dapat membebani mesin dan komponen yang lainnya. Jadi, aturlah sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrik.

Sumber

One thought on “Menyetel Kekencangan Rantai Yamaha Vixion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s